PENDIDIKAN POLITIK : MAHASISWA, PEMILU 2024 DAN PEMILU YANG BERKUALITAS

Authors

  • Nazaki Nazaki Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Handrisal Handrisal Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Yudhanto Satyagraha Adiputra Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Kustiawan Kustiawan Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Novi Winarti Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Khairi Rahmi Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Ella Afnira Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Ryan Anggria Pratama Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Nanik Rahmawati Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Oksep Adhayanto Ketua Program Studi Ilmu Hukum Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Okparizan Okparizan Prodi Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Edi Martha Prodi Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Syamsudin Lango Kukun Prodi Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Seli Lestari Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Farahul Intiham Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v2i1.4451

Keywords:

Elections, Political Education, College Student.

Abstract

The low political participation of students in any existing election contestation is a problem that must be resolved in the future. The purpose of this activity is to increase the political participation of the younger generation, especially students, in the 2024 election. Political education is very important in realizing quality elections so as to give birth to good democracy.

References

Efendi, D., & Nopyandri. (2019). Pendampingan Pendidikan Politik Untuk Generasi Muda Di Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 38–42.

Erna Yuliandari, Rusnaini, Y. A. (2018). Civic Literacy Dalam Pembelajaran Demokrasi Dan Pemilu Untuk Memperkuat Civic Atitude Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018. https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/08/Erna-Yuliandari.-Universitas-Sebelas-Maret..pdf

Hasni, A. H., & Hasan, M. (2019). Tipologi Pemilih Mahasiswa Pada Pemilihan Umum 2019 (Suatu studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo). JURNAL POLITICO, 8(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/30477/29358

Intyaswati, D. (2021). Peran Media Massa Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pemilihan Umum 2019. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 140–149. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v25i2.142

Irma, P., & Fajriyah, N. (2021). Rendahnya Partisipasi Politik Pemula pada Pemilihan Umum. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(1).

Misra Nilfida, Sri Erlinda, S. (2017). Analysis Of Political Participation At The Level Of Student At The University Of Riau. JOM Universitas Riau, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.5040/9780755609628.ch-005

Muhammad Erfa Redhani, Muhammad Syahrial Fitri, Khalid, A. H. (2020). Sosialisasi Pemilu Kepada Pemuda Guna Menciptakan Pemuda Yang Sadar Pemilu Di Kota Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(1), 118–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i1.3372

Rani, S. (2014). Persepsi Mahasiswa terhadap Partai Peserta Pemilu 2014. Alhadharah, 13(25), 65–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v13i25.1717

Safitri, R., & Adhayanto, O. (2017). Partisipasi Politik Perempuan Dalam Menyukseskan Pemilu Legislatif 2014 Di Kelurahan Sungai Lekop, Kabupaten Bintan. Kemudi: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 96–114.

Syahrul, F., Paskarina, C., & Sumadinata, R. W. S. (2020). The Political Orientation of Extra-Campus Student Organizations in the 2019 Presidential Election. Society, 8(2), 486–505. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.201

Yuliadari, E., Rusnaini, R., & Ariana, Y. (2018). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembelajaran Demokrasi Dan Pemilu Dan Implikaisnya Terhadap Civic Atitude Mahasiswa. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 13(2), 115–122. https://doi.org/10.20961/pknp.v13i2.26594

Published

2022-06-27

How to Cite

Nazaki, N., Handrisal, H., Satyagraha Adiputra, Y. ., Kustiawan, K., Winarti, N. ., Rahmi, K. ., Afnira, E. ., Pratama, R. A., Rahmawati, N. ., Adhayanto, O., Okparizan, O., Martha, E., Kukun, S. L. ., Lestari, S. ., & Intiham, F. . (2022). PENDIDIKAN POLITIK : MAHASISWA, PEMILU 2024 DAN PEMILU YANG BERKUALITAS. Takzim : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v2i1.4451