PEMETAAN SOSIAL DESA PAYAMARAM KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Authors

  • Ardi Putra
  • Eki Darmawan Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Khairi Rahmi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Sayed Fauzan Riyadi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Siti Arieta Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Teguh Setiandika Igiasi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Muhammad Fedryansyah Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Meilanny Budiarti Santoso Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Sahadi Humaedi Universitas Padjadjaran, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v2i1.4425

Keywords:

Pemetaan Sosial, Desa Payamaram

Abstract

Abstrak: Tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk kewajiban bagi perusahaan untuk melaksanakan program yang bersinggungan langsung dengan aktivitas bisnisnya sebagai investasi sosialbukan sekedar kegiatan yang bersifat sementara untuk menunjukkan tanggung jawab saja, karena hal demikian hanya akan mendatangkan citra baik sesaat dan akan menjadi ancaman bagi perusahaan di kemudian hari. Sebagai investasi social kegiatan CSR akan membawa “kembalian†(return) bisnis yang menguntungkan perusahan. Metode yang digunakan untuk mengukur dampak sosial dari kegitan CSR adalah dengan menggunakan social return on investment (SROI) yang tidak hanya menghitung nilai keuntungan berupa uang saja, melainkan mencakup konsep yang lebih luas yaitu meliputi nilai sosial, ekonomi dan juga lingkungan. Hasil penelitian bahwa Program Pantai Piawang Kabupaten Anambas telah menghasilkan nilai ekonomi dan bisnis bagi masyarakat penerima program, seperti menghasilkan nilai dampak investasi social berupa SROI Rasio sebesar 8,26 maka ditarik kesimpulan pertama mendorong perubahan positif bagi masyarakat sekitar dengan menurunya angka kenakalan remaja, kedua meningkatkan kualitas masyarakat degan tersedianya pusat kegiatan berolahraga berlibur hingga belajar, dan ketiga membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM di sekitara pantai piawang untuk berusaha dan membuka jasa wisata.

References

Gunawan, Wahyu et.al. (2018) Tahapan Pembangunan Masyarakat.Bandung: Unpad Press.

Laporan Pemetaan Sosial dan Pemangku Kepentingan Primier Oil Natuna Sea BV 2021

Neeting, F. Ellen, Petter M. Kettner, dan Steven L. McMurtry (1993). Social Work Macro Practice, New York:Longman

Pambudi handoyo dan Arief Sudrajat. 2016. Pemetaan Sosial untuk Perencanaan Pemberdayaan Masayarakat Desa Kemantren, Lamongan dalam Prosiding Seminar Nasional Mengawal Pelaksanaan SDGs (Sustainable Development Goals). ISBN : 978- 979-028-859-1. Prodi Sosiologi Jurusan Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. UNESA University Press. Surabaya.

Profil Desa Payamaram Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas

Published

2022-06-27

How to Cite

Putra, A., Darmawan, E., Rahmi, K., Riyadi, S. F., Arieta, S., Igiasi, T. S. ., Fedryansyah, M., Santoso, M. B. ., & Humaedi, S. (2022). PEMETAAN SOSIAL DESA PAYAMARAM KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS. Takzim : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 6–17. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v2i1.4425