Penguatan Peran Perempuan dalam Memulihkan Ekonomi Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM Lokal dan Mahasiswa di Provinsi Kepulauan Riau

Authors

  • Nazaki Nazaki Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Dwi Vita Lestari Soehardi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman, Indonesia
  • M. Alfan Sidik Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman, Indonesia
  • Satriadi Satriadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Indonesia
  • Nanik Rahmawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Oksep Adhayanto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Syamsudin Lango Kukun Mahasiswa Program Magister Administrasi Publik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Nurfikha Nurfikha Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman, Indonesia
  • M. Ali Akbar Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Jaka Irwandi Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nadila Nadila Mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Agung Pratama Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Zuleha Zuleha Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v1i1.3841

Keywords:

Women’s Role, UMKM, Covid-19 Pandemic

Abstract

The Covid-19 pandemic has devastated the economies of many countries, including Indonesia. In addition to the large industrial sector, MSMEs are also feeling the impact of the slowing economic movement. The need for the involvement of women in UKMM is expected to boost the family economy, because women are also part of the community that can carry out economic activities. In addition, the role of youth, especially students, in mobilizing the MSME sector is very much needed, especially in the current digital era. For this reason, it is necessary to commit all parties to encourage the active role of women to enter the economy, especially MSMEs, both the role of the government, the private sector and the community itself.

References

Ainiyah, Q. (2017). Urgensi Pendidikan Perempuan Dalam Menghadapi Masyarakat Modern. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 97–109. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1240

Amri, A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. Jurnal Brand, 2(1), 123–130.

Hardilawati, W. L. (2020). Jurnal Akuntansi & Ekonomika. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 3(1), 39–45.

Hendrawan, A., Yulianeu, A., Sucahyawati, H., & Indriyani, I. (2018). Pengembangan Kompetensi UMKM Dengan Pembelajaran Organisasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4), 489–496. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i4.53

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bekerjasama Dengan Badan Pusat Statistik. (2014). Pembangunan Manusia Berbasis Gender. In Badan Pusat Statistik (Statistics Indonesia) (Vol. 18, Issue April).

Kholidah, N., & Hakim, M. R. (2018). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 181–197.

Muhyiddin Robani; Muhammad, & Ekawaty, M. (2019). Analisis Dampak Pemberdayaan Perempuan terhadap Kesejahteraan Keluarga. Al-Muzara’ah, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.29244/jam.7.1.1-18

Ni Wayan Suarmini, Siti Zahrok, D. S. Y. A. (2018). Peluang dan Tantangan Peran Perempuan. Prosiding SEMATEKSOS 3, 48–53.

Purnamasari, V., Qurrata, V. A., Narmaditya, B. S., & Malang, U. N. (2020). Pemberdayaan wanita melalui peluang usaha dalam peningkatan ekonomi lokal. Jurnal Graha, 1–8.

Rosmadi, M. L. N. (2021). Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 87–94.

Setiawan, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal, 1(1), 343–347.

Taufik, A. I. (2017). Evaluasi Regulasi Dalam Menciptakan Kemudahan Berusaha Bagi Umkm. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 369. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v6i3.201

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 2(1), 147–153.

Published

2021-11-01

How to Cite

Nazaki, N., Soehardi, D. V. L. ., Sidik, M. A. ., Satriadi, S., Rahmawati, N., Adhayanto, O., Kukun, S. L., Nurfikha, N., Akbar, M. A. ., Irwandi, J., Nadila, N., Pratama, A., & Zuleha, Z. (2021). Penguatan Peran Perempuan dalam Memulihkan Ekonomi Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM Lokal dan Mahasiswa di Provinsi Kepulauan Riau. Takzim : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v1i1.3841