Analisis Kinerja Sistem Doppler VHF Omnidirectional Range dan Distance Measuring Equipment pada Navigasi Penerbangan

Authors

  • Sapta Nugraha Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Aditya Tama Caesar Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/sustainable.v5i2.367

Keywords:

Doppler, DVOR, Navigasi Penerbangan, DME

Abstract

Navigasi udara merupakan kegiatan untuk mengarahkan transportasi udara dari satu tempat ke tempat yang lain agar tidak keluar dari jalurnya. Sistem transmisi sinyal pada Doppler VHF Omnidirectional Range (DVOR) belum sepenuhnya optimal karena persentase sinyal modulasinya sering mengalami peningkatan yang berakibat pada munculnya kondisi sinyal over-modulated. Deteksi sinyal interogasi maupun sinyal balasan pada Distance Measuring Equipment (DME) mengalami hambatan disebabkan oleh waktu tunda dan jarak pulsa yang tidak sesuai. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis kinerja sistem DVOR-DME dengan membandingkan nilai parameter dan nilai kondisi normal. Berdasarkan analisis kinerja sistem, didapatkan bahwa sistem DVOR-DME AirNav Indonesia Distrik Tanjungpinang beroperasi dengan normal. Nilai optimal 30Hz MOD dan 9960Hz MOD pada DVOR berada pada rentang nilai normal yaitu sebesar 30%. Nilai optimal delay dan spacing pada DME berada pada rentang nilai delay normal dan nilai spacing normal yaitu sebesar 50,01 μs dan 12,02 μs.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-15

How to Cite

[1]
S. Nugraha and A. T. Caesar, “Analisis Kinerja Sistem Doppler VHF Omnidirectional Range dan Distance Measuring Equipment pada Navigasi Penerbangan”, sustainable, vol. 5, no. 2, pp. 6–10, Oct. 2016.