Forecasting Penjualan Produk pada PD. Adi Anugrah “Food Industry” Tanjungpinang dengan Metode Single Exponential Smoothing

  • Eka Suswaini Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Sri Haryati Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: forcasting, penjualan produksi, single eksponential smoothing

Abstract

PD. Adi Anugrah“Food Industry†merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan ringan berbahan dasar sumberdaya laut di kepulauan Riau. Dalam produksinya menerapkan sistem make to stok yaitu memproduksi bukan berdasar pesanan melainkan berdasarkan perkiraan penjualan, permasalahan perusahaan adalah stok barang di gudang yang tidak menentu karena faktor penjualan yang juga tidak menentu tergantung musiman pasar. Karena hal tersebut maka penelitian ini berkonsentrasi pada forcasting penjualan produk menggunakan metode exponential smoothing untuk mengetahu peramalaan penjualan periode yang akan datang dengan data-data histori perusahaan penjualan dari tahun sebelumnya. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa hasil peramaalan penjualan bisa digunakan sebagai daasar perusahaan untuk memproduksi selanjutnya sehingga perusahaan bisa memprediksi berapa jumlah yang akan diproduksi. Metode Single eksponential smoothing menghasilkan ramalan yang mendekati data historis yang sebenarnya yaitu 1200/bungkus dan hasil ramalannya adalah 1185/bungkus dengan menggunakan nilai alfa 0.8.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-15
How to Cite
[1]
E. Suswaini and S. Haryati, “Forecasting Penjualan Produk pada PD. Adi Anugrah “Food Industry” Tanjungpinang dengan Metode Single Exponential Smoothing”, sustainable, vol. 5, no. 1, pp. 22 - 25, May 2016.