PERBANDINGAN METODE FUZZY C-MEANS DAN K-MEANS DALAM KLASIFIKASI KELULUSAN MAHASISWA (STUDI KASUS : JURUSAN MANAJEMEN, UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

(STUDI KASUS : JURUSAN MANAJEMEN, UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI)

  • Alena Uperiati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Martaleli Bettiza Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Atika Puspasari -

Abstract

Ketidakseimbangan antara jumlah mahasiswa yang masuk dan keluar menyebabkan penumpukan jumlah mahasiwa, dimana mahasiswa masuk dalam jumlah besar namun jumlah yang lulus tepat waktu jumlahnya jauh lebih kecil. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan guna untuk mengklasifikasikan kelulusan mahasiswa mengunakan metode fuzzy c-means dan k-means. Perbandingan metode fuzzy c-means dan k-means digunakan untuk mendapatkan hasil klasifikasi yang tepat dan akurat. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan pada fuzzy c-means, parameter terbaik yang mengahasilkan hasil klasifikasi yang mendekati akurat adalah nilai pangkat (w) 3, maksimum iterasi 50 dan nilai error 0.01 didapatkan nilai akurasi sebesar 81.91%. Sedangkan pada pengujian tingkat akurasi metode k-means didapatkan nilai tingkat akurasi sebesar 63 %. Hal ini membuktikan bahwa metode fuzzy c-means lebih akurat dibandingkan dengan metode k-means dalam klasifikasi kelulusan mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-31
How to Cite
[1]
A. Uperiati, M. Bettiza, and A. Puspasari, “PERBANDINGAN METODE FUZZY C-MEANS DAN K-MEANS DALAM KLASIFIKASI KELULUSAN MAHASISWA (STUDI KASUS : JURUSAN MANAJEMEN, UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI”, sustainable, vol. 9, no. 2, pp. 75-81, Oct. 2020.