Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan

Authors

  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang
  • Vahmil Riffani Hardi
  • Ardi

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v3i2.1638

Keywords:

Model kooperatif, picture and picture, kompetensi belajar, pembelajaran biologi, sistem ekskresi

Abstract

Abstract. 2013 Curriculum hasn’t been done as expected in MAN 3 Pesisir Selatan. Another problem are the mindset of the students about biology that a lot of theory and pictures are dificult to understand, low learning motivation, and the learning model applied by the dominant teacher lecture method. This study aims to determine the effect of the cooperative learning model picture and picture type on student’s learning competencies on Excreation System material of class XI MAN 3 Pesisir Selatan. This type of research is a quasi experimental design randomized control group posttest only design. The research population was all student in class XI MAN 3 Pesisir Selatan enrolled in the 2018/2019 year which amounts to two class. Sampling technique using saturation sampling, class XI MIA 1 as the experimental class and class XI MIA 2 as the control class. Knowledge instrument in the form of posttest, attitude and skill instrument in the form of observation sheet. The data analysis technique used is the t test which is first carried out a prerequisite test, namely the normality test and homoenity test. Based on the result of research on the competency of student knowledge gained value tcount > ttable   (2,68>1,67), attitude competence   tcount > ttable (3,27>1,67) and skill competence tcount > ttable (1,89 >1,67). This proves that the hypothesis is accepted. The conclusion was that the application of cooperative learning model picture and picture type had a positive effect on student’s learning competencies on Excretion System material class XI MAN 3 Pesisir Selatan.

ABSTRAK: Penerapan kurikulum 2013 di MAN 3 Pesisir Selatan belum berjalan sesuai harapan. Masalah yang ditemukan yaitu siswa yang menganggap biologi merupakan pelajaran yang banyak teori dan gambar sehingga sulit dipahami, motivasi belajar rendah, dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah dominan metode ceramah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kompetensi belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design randomized control group posttest only design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan tahun 2018/2019 yang berjumlah dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengetahuan berupa instrumen posttest, sikap dan keterampilan dalam bentuk lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan siswa diperoleh nilai thitung> ttabel (2,68> 1,67), kompetensi sikap thitung> ttabel (3,27> 1,67) dan kompetensi keterampilan thitung> ttabel (1, 89> 1,67). Ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan

References

Alvin, Qharin Syafitri, Nurhadi dan Ade Dewi Maharani. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Bologi Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI Ipa SMA N I Koto XI Tarusan. E-Journal. Volume 6. Nomor 3.

Fitriani, Desi, dan Mahwar Qurbaniah. 2018. Komparasi Model Example Non Example Dan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Materi Tulang Sma N 2 Sungai Raya. Jurnal Bioeducation. Volume 1. Nomor 1.

Haryaman, Harid. 2017. Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengelompokkan Macam-Macam Tulang pada Rangka Manusia (PTK di Kelas VIII-K SMP Negeri 1 Rajapolah). Jurnal Wahana Pendidikan. Volume 4. Nomor 2.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang : UNP Press.

Majid, A & A.S Firdaus. 2014. Penilaian Autentik. Bandung: Interes Media.

Natalina, M. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 UKUI Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi. Volume 7. Nomor 2.

Riyono, Bambang dan Amin Retroningsih. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education. Volume 4. Nomor 2.

Taniredja, Tukiran. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yundani, Opi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Skripsi. Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Downloads

Published

2019-11-27