ANAK PESISIR CERDAS FINANSIAL : MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN DAN PERAN PADA DESA WISATA
DOI:
https://doi.org/10.31629/camn3387Keywords:
Literasi Keuangan, Anak Pesisir, Desa Wisata, Pendidikan KeuanganAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan siswa sekolah dasar di wilayah pesisir melalui program "Anak Pesisir Cerdas Finansial" di SDN 005 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Sebanyak 30 siswa kelas IV dan V mengikuti pembelajaran interaktif yang mencakup pengertian literasi keuangan, sumber pemasukan, pemisahan kebutuhan dan keinginan, manfaat menabung, serta pengelolaan uang saku, melalui ceramah, permainan edukatif, dan simulasi transaksi. Evaluasi dilakukan menggunakan angket pre-test dan post-test berisi 10 pertanyaan, serta observasi dan wawancara guru pendamping. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman siswa dari 55% menjadi 90%, yang membuktikan efektivitas metode interaktif untuk menyampaikan materi keuangan pada anak. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membentuk kebiasaan pengelolaan keuangan yang baik dan berkelanjutan bagi anak-anak di wilayah pesisir.
References
Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920
Ariyani, A. D., Fajri, R. N., Hidayah, N., & Sartika, U. D. (2022). Kecakapan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3223–3230. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i12.2034
Ita, I. R., Avonita, O. L., Tsalimna, U. M., Nisa, L., & Putri, B. (2021). Urgensi Literasi Keuangan Usia Dini. Abdi Psikonomi, 2(3), 143–150. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i3.349
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133-140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654
Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 296-301. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3631
Rapih, S. (2016). PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14–28.. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28
Sari, A. Y., & Sa`ida, N. (2021). Investasi Edukasi Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2085–2094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1369
Sulistyowati, N. W., Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., Sussolaikah, K., Risti, D. S., & Fadilah, I. A. (2022). Media Pembelajaran Literasi Keuangan Melalui Kesenian Dongkrek Madiun. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 160-166. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4719
Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Yuli Sari, Suci Wahyuliza, Mohd Rhana Satria, Fifin Octaviani, Mursal Mursal, Romauli Friskila Limbong, Wilda Fasim Hasibuan, Emilia Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.