MEMBANGUN KESADARAN ANAK PESISIR MELALUI 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT DI SDN 005 TELUK SEBONG

Authors

  • Eko Febri Syahputra Siregar Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau
  • Dios Sarkity Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau
  • M Pemberdi Intasir Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau
  • Isramilda Isramilda Universitas Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau
  • Sukma Sahreni Universitas Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau
  • Elvita Nora Susana Universitas Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau
  • Ananda Geiskha Isral Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau
  • Alfath Attarsyah Al Ayubi Universitas Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31629/xkwg5p50

Keywords:

7 Kebiasaan Anak Hebat, Pendidikan Karakter, Siswa Pesisir

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan kebiasaan hidup positif pada anak-anak pesisir melalui sosialisasi “7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat” di SDN 005 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Kegiatan dilaksanakan pada Mei 2025 dengan melibatkan 30 siswa kelas IV dan V sebagai peserta utama. Metode yang digunakan bersifat partisipatif, edukatif, dan interaktif, meliputi pemaparan materi menggunakan media visual, simulasi kebiasaan positif, refleksi, tanya jawab, serta evaluasi dengan angket skala Likert 1–4 yang mencakup 10 indikator. Angket dirancang untuk mengukur pemahaman, kebiasaan, dan komitmen siswa dalam menerapkan nilai-nilai karakter yang diajarkan. Hasil evaluasi menunjukkan 28 siswa (93,3%) berada pada kategori Sangat Baik dan 2 siswa (6,7%) kategori Baik. Rata-rata skor keseluruhan mencapai 87,75% (Sangat Baik). Indikator dengan capaian tertinggi adalah kebiasaan ibadah (94,17%), sedangkan terendah adalah kemampuan menjelaskan kembali materi (79,17%). Temuan ini memperlihatkan bahwa pendekatan kontekstual yang menggabungkan simulasi, diskusi, dan media visual mampu meningkatkan kesadaran dan komitmen siswa terhadap perilaku positif. Keberhasilan program ini juga dipengaruhi oleh dukungan guru, keterlibatan aktif siswa, serta kesesuaian materi dengan konteks kehidupan sehari-hari mereka di wilayah pesisir. Disarankan agar kegiatan ini dijadikan program rutin sekolah dan dikembangkan dengan fokus pada peningkatan keterampilan komunikasi siswa untuk memperkuat internalisasi nilai karakter secara berkelanjutan.

References

Albert, B. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. NY: Prentice-Hall.

Budiastra, A. A. K., Wicaksono, I., & Sanjaya, I. G. M. (2020). The new generation self-directed teaching materials of natural science in elementary schools validity tests. International Journal of Instruction, 13(4), 763–780. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13447a

Covey, S. R. (2020). The 7 habits of highly effective people. Simon & Schuster.

Hazmi, J., Akbar, M. A., Hastuti, H., Roeslani, R. D., Adiningsih, B. S., Faida, N., Wardani, U., & Juliana, J. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Fondasi Bagi Generasi Berintegritas. JCES (Journal of Character Education Society), 7(4), 377–387.

Jakandar, L. I. E., Pantiwati, Y., Sunaryo, H., & Fikriah, A. (2025). Integration of Religious Values in Character Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 9(1), 124–141. https://doi.org/10.35723/ajie.v9i1.107

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kemdikbudristek. (2024). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2024.

Kusuma, E., Handayani, D., Nastiti, A. D., & Puspitasari, R. A. H. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Membangun Gaya Hidup Sehat Sejak Dini di Wilayah Pesisir Kota Pasuruan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(9), 3522–3533. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i9.10841

Lickona, T. (2004). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. Simon and Schuster.

Mustakim, M., Farhan, H., Lilawati, A., Ladamay, O. M. M. A., Musayyachah, M., & Pratiwi, R. S. (2021). Pengasuhan orang tua anak usia dini di era disrupsi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 19–35.

Nurhayati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS (Masalah Sosial) Dengan Penerapan Metode Diskusi Dengan Tindakan Reflektif. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 1(1), 48–63.

Nuriani, N. (2023). Analisis Literatur Integrasi Nilai-Nilai Akhlak dalam Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal Pesisir untuk Siswa Sekolah Dasar. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 272–279.

Saidah, N. S. N. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadis. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Sari, S. R., Isnarmi, I., & Indrawadi, J. (2020). Desain Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pesisir Pantai. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 93–103.

Sumar, W. T., Razak, I. A., & Akadji, F. (2025). Collaborative Roles in Character Education: Contributions and Challenges of Principals, Teachers, and Parents in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i2.6636

Suparman, & Muhammad. (2024). Kebijakan Merdeka Belajar di Pendidikan Dasar: Analisis Implementasi Dan Hasil. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 210–218.

Susilowati, A., Fauziati, E., Rahmawati, F. P., & Rahmawati, L. E. (2023). Religious Character Education in Term of Moral Knowing: A Case Study at an Elementary School in Surakarta. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 258–265. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.61397

Syahni, A. A., Azzuhra, A. A., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Analisis Penerapan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Pada Siswa SD Dalam Pembentukan Karakter Disiplin di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan| E-ISSN: 3031-7983, 2(2), 74–78.

UNICEF. (2021). The State of the World’s Children 2021. Unicef.Org.

WHO. (2019, April 2). Guidelines on physical activity, sedentary behaviour and sleep for children under 5 years of age 2 April 2019. Who.Int.

Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.

Downloads

Published

2025-09-08

How to Cite

Siregar, E. F. S., Sarkity, D., Intasir, M. P., Isramilda, I., Sahreni, S., Nora Susana, E., Isral, A. G., & Al Ayubi, A. A. (2025). MEMBANGUN KESADARAN ANAK PESISIR MELALUI 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT DI SDN 005 TELUK SEBONG. Journal of Maritime Empowerment, 7(3), 83-91. https://doi.org/10.31629/xkwg5p50