PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MELALUI INOVASI PRODUK KUE BAWANG PEDAS PADA PELAKU USAHA DI DESA PENAGA

Authors

  • Afriyadi Afriyadi Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang
  • Hasnarika Hasnarika Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang
  • Lyidya Safrina Dewi Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang
  • Friska Amelia Saputri Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang
  • Juwandi Juwandi Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang

Keywords:

Kue Bawang Pedas, Branding, UMKM, Inovasi Produk, Pasar Modern

Abstract

Kue Bawang Pedas Caramelo merupakan inovasi rasa terbaru dalam dunia camilan tradisional yang menggabungkan antara cita rasa pedas dan manis dengan sentuhan karamel yang khas. Kuliner ini menghadapi tantangan untuk tetap bersaing di pasar modern yang kompetitif. Pengabdian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran kreatif agar Kue Bawang Pedas Caramelo ini dapat diterima sebagai produk unggulan di pasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi di Kampung Rekoh, Desa Penaga, Kabupaten Bintan. Hasil pengabdian ini membuktikan pentingnya inovasi rasa dan juga kemasan serta branding yang dapat menarik pihak konsumen. Respon positif terhadap inovasi rasa dan kemasan baru yang lebih modern dan praktis, berhasil meningkatkan viasabilitas dan juga penjualan. Uji coba di toko-toko dan juga bazar lokal menunjukkan apresiasi dari pihak konsumen terhadap rasa yang autentik, dan juga terdapat saran terkait tekstur dan rasa pedas. Peluncuran produk dengan desain kemasan dan strategi pemasaran yang efektif mampu memberikan daya tarik. Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan berkelanjutan dalam inovasi produk tradisional untuk menjaga daya saing. Evaluasi dan penyesuaian strategi pemasaran diperlukan agar produk tetap memenuhi preferensi konsumen dan dapat bertahan di pasar yang dinamis.

References

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69–76. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732

Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trengganam A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., Widiati, E., Irawan, P., Ratih, S. D., Ismail, R. S., Putra, D. S., Utama, A. M., Syahputra, & Bancin, J. B. (2023). Manajemen Pemasaran. Widina Media Utama. Bandung.

Juhji, J., Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 111–124.

Noviani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok “Liar”). Jurnal Manajemen Danbisnis (Jumanis), 2(1), 2076–2086. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Putri, H. P., Aqshal, M., Dini, F. E., Wahyudi, D., Aditya, D., Juliyardi, N., Islammya, N., Wahdah, N., Ariani, S., & Ramadani, W. D. (2024). Pengembangan Kualitas Produk Gula Gending melalui inovasi Kemasan, Logo dan Varian Rasa Pada UMKM Desa Kembang Kerang Daya, Lombok Timur. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 7–11. https://doi.org/10.29303/jppm.v7i1.6059

Susetyasari, T. (2014). Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28.

Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Pengabdian : Menciptakan Value Added (Nilai Tambah) Kripik Tempe Sagu Melalui Variasi Rasa dan Inovasi Kemasan. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.990

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Afriyadi, A., Hasnarika, H., Dewi, L. S., Saputri, F. A., & Juwandi, J. (2025). PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MELALUI INOVASI PRODUK KUE BAWANG PEDAS PADA PELAKU USAHA DI DESA PENAGA. Journal of Maritime Empowerment, 7(2), 69-75. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jme/article/view/7410