PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MELALUI INOVASI PRODUK KUE BAWANG PEDAS PADA PELAKU USAHA DI DESA PENAGA
Keywords:
Kue Bawang Pedas, Branding, UMKM, Inovasi Produk, Pasar ModernAbstract
Kue Bawang Pedas Caramelo merupakan inovasi rasa terbaru dalam dunia camilan tradisional yang menggabungkan antara cita rasa pedas dan manis dengan sentuhan karamel yang khas. Kuliner ini menghadapi tantangan untuk tetap bersaing di pasar modern yang kompetitif. Pengabdian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran kreatif agar Kue Bawang Pedas Caramelo ini dapat diterima sebagai produk unggulan di pasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi di Kampung Rekoh, Desa Penaga, Kabupaten Bintan. Hasil pengabdian ini membuktikan pentingnya inovasi rasa dan juga kemasan serta branding yang dapat menarik pihak konsumen. Respon positif terhadap inovasi rasa dan kemasan baru yang lebih modern dan praktis, berhasil meningkatkan viasabilitas dan juga penjualan. Uji coba di toko-toko dan juga bazar lokal menunjukkan apresiasi dari pihak konsumen terhadap rasa yang autentik, dan juga terdapat saran terkait tekstur dan rasa pedas. Peluncuran produk dengan desain kemasan dan strategi pemasaran yang efektif mampu memberikan daya tarik. Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan berkelanjutan dalam inovasi produk tradisional untuk menjaga daya saing. Evaluasi dan penyesuaian strategi pemasaran diperlukan agar produk tetap memenuhi preferensi konsumen dan dapat bertahan di pasar yang dinamis.
References
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69–76. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732
Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trengganam A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., Widiati, E., Irawan, P., Ratih, S. D., Ismail, R. S., Putra, D. S., Utama, A. M., Syahputra, & Bancin, J. B. (2023). Manajemen Pemasaran. Widina Media Utama. Bandung.
Juhji, J., Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 111–124.
Noviani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok “Liar”). Jurnal Manajemen Danbisnis (Jumanis), 2(1), 2076–2086. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis
Putri, H. P., Aqshal, M., Dini, F. E., Wahyudi, D., Aditya, D., Juliyardi, N., Islammya, N., Wahdah, N., Ariani, S., & Ramadani, W. D. (2024). Pengembangan Kualitas Produk Gula Gending melalui inovasi Kemasan, Logo dan Varian Rasa Pada UMKM Desa Kembang Kerang Daya, Lombok Timur. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 7–11. https://doi.org/10.29303/jppm.v7i1.6059
Susetyasari, T. (2014). Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28.
Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Pengabdian : Menciptakan Value Added (Nilai Tambah) Kripik Tempe Sagu Melalui Variasi Rasa dan Inovasi Kemasan. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.990
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afriyadi Afriyadi, Hasnarika Hasnarika, Lyidya Safrina Dewi, Friska Amelia Saputri, Juwandi Juwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.