STRATEGI PEMASARAN MADU KELULUT (TRIGONA) SEBAGAI ALTERNATIF PELUANG USAHA MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PRODUK UNGGULAN DESA PENAGA
DOI:
https://doi.org/10.31629/jme.v7i1.7351Keywords:
Strategi Pemasaran, UMKM, Madu Kelulut, Desa Penaga, Kabupaten BintanAbstract
Kandungan gizi dan manfaat kesehatan madu lebah tanpa sengat yang dibuat oleh lebah Trigona menjadikannya sebagai produk lokal yang menjanjikan bagi UMKM di Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan. Agar dapat bersaing di pasar yang lebih besar, UMKM tersebut harus mengatasi sejumlah kendala, terutama yang terkait dengan identifikasi produk dan taktik pemasaran. Dengan menggunakan teknik yang lebih canggih dan kekinian, program ini bertujuan untuk membantu UMKM Madu Lebah Tanpa Sengat dalam meningkatkan identitas merek dan mengembangkan pemasaran produk. Metode yang digunakan meliputi wawancara mendalam dengan pemilik UMKM dan partisipasi aktif dalam kegiatan pendampingan, seperti pembuatan logo baru, desain ulang kemasan, sertifikasi halal, serta pelatihan pemasaran digital menggunakan media sosial. Peningkatan penjualan dan citra produk, serta daya tarik konsumen, merupakan hasil dari pendampingan tersebut. Penggunaan media sosial dan penciptaan identitas produk yang kuat dapat membantu UMKM menjadi lebih kompetitif dan meningkatkan ekonomi lokal, seperti yang ditunjukkan oleh program ini.
Downloads
References
Afriyadi A, Saputra EK, Ramadhan MF, & Dinata O. 2022. PERMATA : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Tanaman Alpukat di Desa Air Glubi. Journal of Maritime Empowerment. 5(1): 5–11. https://doi.org/10.31629/jme.v5i1.5431
Afriyadi A, Miranti M, Putri R, Liandi RE, & Juliastuti T. 2023. Pelatihan Penerapan Akuntansi Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Si APIK pada UMKM di Desa Busung, Kabupaten Bintan. Journal of Maritime Empowerment. 5(2): 35–41. https://doi.org/10.31629/jme.v5i2.5636
Nalini SNL. 2021. Dampak Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. JESYA: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 4(1): 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278
Sumarwan U. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunyoto D. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Tjiptono. 2023. Riset Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afriyadi Afriyadi, Muhammad Mariq Vadarian, Wa Rusna, Reza Resmaliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.