STRATEGI PEMASARAN MADU KELULUT (TRIGONA) SEBAGAI ALTERNATIF PELUANG USAHA MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PRODUK UNGGULAN DESA PENAGA

Authors

  • Afriyadi Afriyadi Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Tanjungpinang
  • Muhammad Mariq Vadarian Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Tanjungpinang
  • Wa Rusna Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Tanjungpinang
  • Reza Resmaliana Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31629/jme.v7i1.7351

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM, Madu Kelulut, Desa Penaga, Kabupaten Bintan

Abstract

Kandungan gizi dan manfaat kesehatan madu lebah tanpa sengat yang dibuat oleh lebah Trigona menjadikannya sebagai produk lokal yang menjanjikan bagi UMKM di Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan. Agar dapat bersaing di pasar yang lebih besar, UMKM tersebut harus mengatasi sejumlah kendala, terutama yang terkait dengan identifikasi produk dan taktik pemasaran. Dengan menggunakan teknik yang lebih canggih dan kekinian, program ini bertujuan untuk membantu UMKM Madu Lebah Tanpa Sengat dalam meningkatkan identitas merek dan mengembangkan pemasaran produk. Metode yang digunakan meliputi wawancara mendalam dengan pemilik UMKM dan partisipasi aktif dalam kegiatan pendampingan, seperti pembuatan logo baru, desain ulang kemasan, sertifikasi halal, serta pelatihan pemasaran digital menggunakan media sosial. Peningkatan penjualan dan citra produk, serta daya tarik konsumen, merupakan hasil dari pendampingan tersebut. Penggunaan media sosial dan penciptaan identitas produk yang kuat dapat membantu UMKM menjadi lebih kompetitif dan meningkatkan ekonomi lokal, seperti yang ditunjukkan oleh program ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyadi A, Saputra EK, Ramadhan MF, & Dinata O. 2022. PERMATA : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Tanaman Alpukat di Desa Air Glubi. Journal of Maritime Empowerment. 5(1): 5–11. https://doi.org/10.31629/jme.v5i1.5431

Afriyadi A, Miranti M, Putri R, Liandi RE, & Juliastuti T. 2023. Pelatihan Penerapan Akuntansi Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Si APIK pada UMKM di Desa Busung, Kabupaten Bintan. Journal of Maritime Empowerment. 5(2): 35–41. https://doi.org/10.31629/jme.v5i2.5636

Nalini SNL. 2021. Dampak Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. JESYA: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 4(1): 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278

Sumarwan U. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto D. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Tjiptono. 2023. Riset Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Afriyadi, A., Vadarian, M. M., Rusna, W., & Resmaliana, R. (2024). STRATEGI PEMASARAN MADU KELULUT (TRIGONA) SEBAGAI ALTERNATIF PELUANG USAHA MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PRODUK UNGGULAN DESA PENAGA . Journal of Maritime Empowerment, 7(1), 29–33. https://doi.org/10.31629/jme.v7i1.7351