PENGUATAN LITERASI SEJAK DINI DI WILAYAH MARITIM KEPULAUAN RIAU MELALUI INOVASI DAN DIGITALISASI DI SD MUHAMMADIYAH TANJUNGPINANG

Authors

  • Eko Febri Syahputra Siregar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Dios Sarkity Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • M Pemberdi Intasir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Juriansyah Juriansyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Rachma Ade Aprilia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31629/jme.v7i1.7211

Keywords:

Digitalisasi, Kurikulum Merdeka, Literasi Keuangan, Literasi Membaca, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, pihak sekolah perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya digitalisasi dan literasi. Meskipun telah mengimplementasikan kurikulum merdeka, tetapi pada beberapa sekolah masih mengalami berbagai permasalahan, diantaranya SD Muhammadiyah Tanjungpinang. Diantara permasalahannya adalah guru belum secara merata memahami kurikulum merdeka, digitalisasi yang belum optimal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, serta literasi siswa yang masih rendah. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk melakukan penguatan konsep dan implementasi kurikulum merdeka, serta penguatan digitalisasi dan literasi. PKM dilaksanakan di SD Muhammadiyah Tanjungpinang dengan guru sebagai peserta kegiatan. Kegiatan dilaksanakan selama 8 bulan mulai dari Februari hingga November 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dengan tahapan meliputi persiapan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan pelatihan, terjadi peningkatan pemahaman pada guru dalam kategori tinggi baik untuk topik implementasi kurikulum merdeka, maupun literasi membaca dan literasi keuangan. Setelah serangkaian kegiatan PKM ini, guru diharapkan selalu konsisten melaksanakan pembelajaran berpusat pada peserta didik, serta terus berinovasi dalam meningkatkan literasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda DW, Nurhasanah N, & Oktaviyanti I. 2022. Profil Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Sekolah Dasar di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(3): 1066-1070. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700

Afghani DR, Prayitno HJ, Jayanti ED, Zsa-ZsaDilla CA, Salsabilla TA, Saputri ED, Septiyanti ND, & Siswanto H. 2022. Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan. 4(2): 143-152.

Andayani E, Mustikowati RI, Setiyowati SW, & Firdaus RM. 2022. Case Method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skills dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM di Era Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 16(1): 52-60. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6973

Anita A, & Astuti SI. 2022. Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7(1): 1-12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509

Erwani E, Witarsa R, & Masrul M. 2023. Penerapan program kepala sekolah terhadap kemampuan guru dalam menggunakan informasi teknologi dan literasi digital di sekolah dasar. Journal of Education Research. 4(3): 957-963. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.263

Hake RR. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hasan M, Nurtrida N, Arisah N, & Nuraisyiah N. 2022. Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience. 9(1): 121-133. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517

Isma CN, Rahmi R, & Jamin H. 2022. Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. 14(2): 129-141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317

Kurniawan AR, Chan F, Abdurrohim M, Wanimbo O, Putri NH, Intan FM, & Samosir WLS. 2019. Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. 3(2): 31-37. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p31-37

Marlena L, Wahidin W, & Al Azizah US. 2022. Pelatihan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru sebagai Penguatan Menghadapi Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(3): 151-155. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i3.2844

Maryam S, Ningsih DN, Sanusi D, Wibawa DC, Ningsih DSN, Fauzi HF, & Ramdan MN. 2022. Pelatihan penyusunan modul ajar yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif. JE (Journal of Empowerment). 3(1): 82-92. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322

Murtafiah W, Krisdiana I, Fitria RN, Ningrum PP, & Subeqi EF. 2023. Pendampingan Guru Sekolah Dasar untuk Penguatan Literasi Numerasi Siswa Melalui Proyek Kolaborasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala. 2(3); 694-703. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i3.722

Ningrum PW, Sari NDP, Wasitaningsih C, & Astuti E. 2022. Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA). 1(1): 351-361.

Puspita WD, Safrilia A, Rahayu DA, & Novela DYS. 2022. Peningkatan Literasi Keuangan untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri 6 Gedangan. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(2): 424-435. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3586

Ristiana H, Widodo J, Wahyudin A, & Suminar T. 2023. Peran Program Sekolah Penggerak dalam Menghadapi Transformasi Global. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 6(1): 337-340.

Sari MK, Rulviana V, Suyanti S, Budiartati S, & Rodiyatun R. 2021. Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 5(1): 112-126. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382

Shiona AEY, Perdana MI, Aji DD, Waskito W, & Lestari FI. 2022. Pemaknaan digitalisasi media pembelajaran menurut guru dan siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial. 2(7): 677-686. https://doi.org/10.17977/um063v2i7p677-686

Siregar EFS, Fitriyah D, Sarkity D, Juriansyah J, & Syahfitri R. 2023. Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau. Anugerah. 5(2): 133-145. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6379

Suyadnya IDP. 2024. Implementasi Digitalisasi Administrasi Pendidikan di SMP Negeri 3 Bangli. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin. 4(1): 38-54. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.2915

UURI. 2017. Undang Undang No. 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2017/3TAHUN2017UU.pdf

Wulandari D, Rejekiningsih T, & Santosa EB. 2023. Analisis Kebutuhan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar di Bojonegoro. Journal on Education. 6(1): 8854-8865.

Yulianto A, Pramono SE, & Wijaya AP. 2023. Penguatan Literasi Keuangan Bagi Guru di Kabupaten Temanggung Dan Wonosobo. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2): 281-286. https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1562

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Siregar, E. F. S., Sarkity, D., Intasir, M. P., Juriansyah, J., & Aprilia, R. A. (2024). PENGUATAN LITERASI SEJAK DINI DI WILAYAH MARITIM KEPULAUAN RIAU MELALUI INOVASI DAN DIGITALISASI DI SD MUHAMMADIYAH TANJUNGPINANG. Journal of Maritime Empowerment, 7(1), 15–22. https://doi.org/10.31629/jme.v7i1.7211