PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA USAHA RUMAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31629/jme.v3i1.3509Keywords:
Harga Pokok Produksi, Manajemen PemasaranAbstract
Tujuan kegiatan ini agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mitra tentang klasifikasi biaya dan perhitungan harga pokokproduksi serta manajemen pemasaran. Pelaku bisnis ada di bidang produksi maupun non produksi, di bidang produksi berarti pelaku bisnis membuat produk atau barang dari bahan mentah menjadi barang jadi, sedangkan di bidang non produksi pelaku bisnis menawarkan jasa. Peluang usaha rumahan yang banyak dilakukan antara lain usaha kuliner, usaha laundry dan usaha salon. Usaha rumahan membutuhkan modal baik itu modal materi atau pun non materi. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara sosialisasi . Tim membantu melakukan perhitungan harga pokok produksi untuk menentukan harga produk dengan cara mengklasifikasi biaya ke dalam biaya produksi dan biaya non produksi dan mensosialisasikan metode pemasaran produk. Setelah diberikan pelatihan para peserta mengakui mereka memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam membuat pencatatan perhitungan biaya produksi. Para peserta berupaya akan melakukan pencatatan untuk setiap aktivitas produksi yang mereka lakukan. Dalam hal lain, para peserta mendapatkan kemampuan lain yaitu membuat kegiatan promosi produk yang bersifat penjualan online di media sosial. Upaya tersebut memberikan manfaat perluasan jangkauan promosi produk yang harapannya dapat meningkatkan penjualan produk.