EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTAGRAM PADA KEMAHIRAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Fitriyani, Indah Pujiastuti, Legi Elfitra
Keywords: Media Pembelajaran, Instagram, Menulis Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Instagram pada kemahiran menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 43 orang yaitu siswa kelas XI MIPA 7 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Instagram berefektivitas secara signifikan terhadap rata-rata nilai kemahiran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI MIPA 7 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari rata-rata N-Gain Score sebesar 0,5690 atau 56,9% ≥ 56%, data tersebut telah membuktikan bahwa hipotesis (Ha) diterima dan termasuk dalam kategori cukup efektif. Hal ini juga dibuktikan berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa diperoleh rangking negatif sebanyak 1, rangking positif sebanyak 40, dan diabaikan sebanyak 2, serta nilai Asymp. Sig (2-tailed) diperoleh 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan pada kemahiran menulis cerita pendek siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Tanjungpinang sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Instagram.

References

Djiwandono, Soenardi. (2011). Tes Bahasa pegangan bagi Pengajar bahasa. Jakarta: Indeks.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: CAPS (Centre for Academic Publishing Service).
Published
2020-03-10
How to Cite
Fitriyani, Indah Pujiastuti, Legi Elfitra. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTAGRAM PADA KEMAHIRAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jermal, 1(1), 14-22. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/article/view/2106
Section
Articles