Efektivitas Penggunaan Blok Aljabar dalam Penyelesaian Persamaan Kuadrat Dengan Teknik Kuadrat Sempurna

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.852

Keywords:

persamaan kuadrat, teknik kuadrat sempurna, blok aljabar, berpikir abstrak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan blok aljabar dalam rangka membantu siswa kelas IX menyelesaikan permasalahan persamaan kuadrat dengan teknik kuadrat sempurna. Blok aljabar digunakan dalam rangka untuk membantu siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul dalam berpikir abstrak yang dibutuhkan ketika menyelesaikan persamaan kuadrat dengan teknik kuadrat sempurna. Ini penting untuk dikaji karena kesulitan dalam berpikir abstrak dalam menggunakan teknik kuadrat sempurna adalah salah satu hambatan yang dialami oleh siswa-siswa kelas IX dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat dengan teknik kuadrat sempurna. Hasil dari eksperimen memperlihatkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan blok aljabar dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan teknik kuadrat sempurna memberikan hasil yang lebih baik dari pembelajaran yang dilakukan dengan metode konvensional .

Downloads

Download data is not yet available.

References

de Lima, R. N., & Tall, D. (2010). An example of the fragility of a procedural approach to solving equations. Citeseer.

Fachrudin, A. D. (2015). Pendekatan geometri untuk membangun konsep penyelesaian persamaan kuadrat berdasarkan perspektif sejarah. Jurnal Edukasi, 1(2).

Fachrudin, A. D., & Putri, R. I. I. (2014). Building Students’ understanding of quadratic equation concept using naïve geometry. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 5(2), 192–202.

Foster, D. (2007). Making meaning in algebra: Examining students’ understandings and misconceptions. Assessing Mathematical Proficiency, 53, 163–176.

Kusumawati, I. B. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan sejarah naive geometry pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMP. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan., 1(1), 91–100.

Lian, L. H., & Yew, W. T. (2012). Assessing algebraic solving ability: A theoretical framework. International Education Studies, 5(6), 177–188.

Radford, L., & Guérette, G. (2000). Second degree equations in the classroom: A Babylonian approach. Paleontological Society Papers, 6, 69–76.

Suryabrata, S. (2004). Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Syafriandi. (2001). Analisis statistik inferensial dengan menggunakan minitab. Padang: UNP.

Ulfa, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan metode naive geometry untuk melatihkan literasi matematis siswa SMP pada materi persamaan kuadrat (PhD Thesis). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Published

2019-04-30

How to Cite

Perdana, S. A., & Febrian, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Blok Aljabar dalam Penyelesaian Persamaan Kuadrat Dengan Teknik Kuadrat Sempurna. Jurnal Gantang, 4(1), 71–77. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.852

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>