Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Konsep Pembelajaran Aritmatika-Bahasa di Sekolah Dasar

Authors

  • Eko Kuntarto Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.629

Keywords:

pemahaman, guru aritmatika, kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran aritmatika-bahasa. Populasi adalah guru sekolah dasar kelas I - III. Responden berjumlah 30 orang. Analisis dilakukan untuk menggambarkan: (1) tingkat pemahaman guru tentang kurikulum, (2) buku teks, (3) kurikulum pelatihan, dan (4) proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: (1) pemahaman terhadap kurikulum adalah yang paling tinggi sebesar 30,66%; (2) buku pembelajaran sebesar 16,66%; (3) kurikulum pelatihan 0,27%; (4) proses pembelajaran 75,55%. Analisis komponen Perencanaan Pendidikan (RPP) menghasilkan skor rata-rata 53,45% pada tingkat pemahaman guru, lebih kecil dari skor pedoman minimum 76%. Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran, diketahui bahwa hanya 23,22% responden atau 7 orang yang memperoleh skor baik. Itu artinya tingkat pemahaman tentang konsep pembelajaran aritmatika-bahasa relatif rendah. Dari hasil penelitian ini disajikan dengan saran-saran berikut: (1) harus ada langkah-langkah untuk meningkatkan pembelajaran elemen aritmatika-bahasa pemahaman guru, (2) kurikulum pelatihan harus menekankan pemahaman konseptual.

Kata kunci: pemahaman; guru aritmatika; kurikulum

This study aimed to describe the level of teachers' understanding of the concept of arithmetic- language learning. The population was grade I – III of elementary school teacher. Respondents were 30 people. Analyzes were performed to describe: (1) the level of teachers' understanding of the curriculum, (2) textbooks, (3) training curriculum, and (4) the learning process. Based on data analysis, it is shown that: (1) understanding of the curriculum is the highest 30.66%; (2) learning books is 16.66%; (3) training curriculum is 0.27%; (4) the learning process is 75.55%. Analysis of the components of the Lesson Plan (RPP) yielded an average score of 53.45% level of understanding of teachers, smaller than the minimum guideline score 76%. Based on the observation of the learning process, it is known that only 23.22% of respondents or 7 people who obtain a score well. That means that the level of understanding of the heritage of the concept of arithmetic-language learning is relatively low. From the results of this study, it is suggested that: (1) there should be measures to enhance learning of arithmetic-language element of understanding teachers, (2) training curriculum should emphasize conceptual understanding.

Keywords: comprehension; arithmetic teacher; curriculum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika: model baru, Jurnal Gantang, 2(2), 133-144. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.203

Ayuni, F. N. (2015). Pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran geografi. JGea: Jurnal Pendidikan Geografi, 15(2), 1–7.

Halimah, S. (2015). Analisis pemahaman dan kesiapan guru mengimplementasikan kurikulum 2013. Medan: IAIN Sumatera Utara.

Harsono. (2005). Pemahaman guru propinsi jawa tengah terhadap kemampuan melihat kemampuan melihat dan bertanya tentang realitas dalam rangka penerapan metode pembelajaran ilmiah Oleh: Harsono (Staf Pengajar FKIP UMS), 38–61.

Kuntarto E. (2013). Pembelajaran calistung. (E. Kuntarto, Ed.) (1 Edition, Vol. 126). Jambi: Universitas Jambi. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint%3A%3AView&eprintid=634

Kuntarto, E., & Asyhar, R. (2016). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai, 1–26. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint%3A%3AView&eprintid=626

Kuntarto E., & Destrinelli. (2014). Kajian implementasi kurikulum 2103 pada pembelajaran calistung di sekolah dasar. Jurnal Berkala PKIP Universitas Jambi, 1–19. Retrieved from www.fkip.unja.ac.id/

Maryeni, Rochmiyati, Sasmiati. (2014). Analisis tingkat pemahaman guru sekolah dasar tentang pembelajaran terpadu pada kurikulum 2013, 1–11. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=288730&val=7239&title=pemahaman guru sekolah dasar tentang pembelajaran terpadu pada kurikulum 2013

Saniy, M. M. A. (2014). Perbandingan prestasi belajar matematika siswa sd negeri sampangan 02 semarang yang mendapat calistung dan tidak mendapat calistung di taman kanak-kanak. Educational Psychology Journal, 3(1), 14–18. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj

Wardhani, S. W., Hasyim, A., & Rosidin, U. (2015). Evaluasi pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(5). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/6227

Zamzami, U., & Yuniarni, D. (n.d.). Analisis tingkat pemahaman guru terhadap kegiatan pembelajaran pada taman kanak-kanak. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/20892/16992

Published

2018-09-30

How to Cite

Kuntarto, E. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Konsep Pembelajaran Aritmatika-Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Gantang, 3(2), 97–108. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.629

Issue

Section

Articles