Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Authors

  • Syaiful Syaiful Universitas Jambi
  • Suci Aprillya Universitas Jambi
  • Evita Anggraeni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1562

Keywords:

stratgei pembelajaran EVryone is a Teacher Here (ETH), gaya kogbitif, pemahaman konsep matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) dan gaya kognitif (field dependent dan field independent) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD 13/IV Tanjungpinang tahun ajaran 2018/ 2019 berjumlah 170 siswa dan sampel berjumlah 84 siswa yaitu kelas VIA, VIB sebagai kelas eksperimen, kelas VIIF sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes untuk melihat hasil pemahaman konsep matematika dan instrumen GEFT untuk melihat gaya kognitif. Analisis data dilakukan dengan uji statistik anova dua jalur dan uji lanjut dengan menggunakan uji tukey. Dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran ETH terhadap pemahaman konsep. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung = 12,224 > Ftabel = 3,19. Terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini dilihat dari nilai Nilai Fhitung  = 54,566 > Ftabel = 3,19. Tidak terdapat interaksi antara strategi ETH dan gaya kognitif siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung = 0,805 < Ftabel  = 3,19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khatib, M., & Hosseinpur, R. M. (2011). On the validity of the group embedded figure test (GEFT). Journal of Language Teaching and Research, 2(3), 640–648. https://doi.org/10.4304/jltr.2.3.640-648

Ningsih Sri Yunita, G. (2018). Penggunaan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here (ETH) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII. 10(December), 1920–1927. https://doi.org/10.22069/jwfst.2018.15021.1747

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis gaya kognitif field dependent dan field independent terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016. 71-75. https://doi.org/10.21009/0305010312

Nurafni, N. (2016). Gaya kognitif field dependent terhadap pemahaman konsep limit mahasiswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 183. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp183-194

Rafika Martalisa, Dewi Yuliana Fitri, H. D. (2018). Penerapan strategi everyone is a teacher here (eth) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas viii smp negeri 2 painan. STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang, Indonesia

Saefuddin, A. (2017). Pembelajaran efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Silberman, M. (2010). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Susanto, H. (2013). Pemahaman mahasiswa dalam pemecahan masalah pembuktian pada konsep grup berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 20(2), 124–133.

Yudiernawati, A., & Rudianto, A. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar aplikasi proses keperawatan pada. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(1), 31–40.

Yuniati, S. (2010). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa sekolah menengah pertama dengan pembelajaran problem posing. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pitaloka, Y.D., Susilo, B.E.M. (2012). Keefektifan model pembelajaran matematika realistik indonesia terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Unnes Journal of Mathematics Education., 1(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i2.1759

Published

2020-03-31

How to Cite

Syaiful, S., Aprillya, S., & Anggraeni, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1562