Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis sebagai Sumber Belajar Matematika

Authors

  • Marina Marina Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Izzati Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027

Keywords:

eksplorasi, etnomatematika, kesenian marawis

Abstract

Kesenian Marawis merupakan budaya Nusantara yang bernuansa religi. Kesenian ini berkembang di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di Provinsi Kepulauan Riau. Pada kesenian Marawis terdapat indikasi adanya praktek matematis terutama pada corak alat musiknya. Praktek matematis dalam budaya dikenal dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika pada corak alat musik kesenian Marawis Provinsi Kepulauan Riau yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data merupakan anggota tim Marawis Sekolah Mengengah Kejuruan Negeri 4 Tanjungpinang dan alat musik marawis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri. Kemudian data dianalisis dengan mengacu pada rancangan Miles and Huberman dengan mereduksi data, penyajian data, serta kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menemukan adanya praktik matematis berupa bangun geometri yaitu bidang datar dan konsep matematika yang meliputi konsep translasi, refleksi, simetri lipat, simetri putar, sudut lancip dan tumpul, serta bidang lingkaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwanto. (2017). Eksplorasi etnomatematika batik trusmi cirebon untuk mengungkap nilai filosofi dan konsep matematis. Vol 7, no. 1 (2017).

D’ambrosio, u. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of mathematics, 5(1), 44–48.

KBBI. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diambil dari kbbi.web.id/eksplorasi

Nurhikmah, S. (2019). Eksplorasi etnomatematika pada ragam corak ukiran khas melayu kepulauan riau dan keterkaitannya terhadap konsep matematika sekolah pada kurikulum 2013 (skripsi). Pendidikan matematika fkip universitas maritim raja ali haji, tanjungpinang.

Putri, l. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang mi. Jurnal pendas, 4(1). Diambil dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/1018

Qoyimah. (2018). Analisis etnomatematika gasing berembang kota piring tanjungpinang kepulauan riau dan keterkaitan terhadap topik dalam pembelajaran matematika. Program studi pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas maritim raja ali haji, tanjungpinang.

Roliza, E. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis inquiry pada materi statistika untuk siswa kelas x sekolah menengah kejuruan negeri 2 tanjungpinang tahun ajaran 2016/2017. Pendidikan matematika fkip universitas maritim raja ali haji, tanjungpinang.

Sudirman, S., Rosyadi, R., & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan etnomatematika pada karya seni batik indramayu dalam pembelajaran geometri transformasi. Journal of mathematics education, 2(1). Diambil dari http://journal.uncp.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/662

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif (x). Bandung: cv. Alfabeta bandung.

Ulum, B., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2017). Etnomatematika Pasuruan: Ekplorasi geometri untuk Sekolah Dasar pada motif batik Pasedahan Suropati. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, Vol. 1, No. 1, 70–78

Published

2019-04-30

How to Cite

Marina, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Gantang, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027

Issue

Section

Articles