Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI

Authors

  • Pramitha Sari STKIP Muhammadiyah Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Keywords:

conceptual understanding, angle measurement, PMRI

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut di kelas VI Sekolah Dasar (SD) melalui pendekatan PMRI. Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) adalah pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, serta nilai-nilai baru yang diperlukan dalam kehidupan. Dari hasil peneliti, terlihat secara keseluruhan persentase rata-rata indikator pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan PMRI pada materi besar sudut di kelas VI sebesar 72% yang dikategorikan baik. Ketujuh indikator tersebut, yaitu: indikator dalam kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep sebesar 57%, kemampuan mengklarifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep sebesar 71.5%, kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh sebesar 84.5%, kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika sebesar 49.5%, kemampuan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep sebesar 68%, kemampuan menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu sebesar 85%, dan kemampuan mengklasifikasikan konsep/algoritma ke pemecahan masalah sebesar 88.5%. 

Kata Kunci: pemahaman konsep, besar sudut, PMRI

This article presents the sixth grade of elementary students' understanding of mathematical concepts of angle measurement through PMRI (Indonesian Realistic Mathematics Education) approach.  PMRI is suitable for the 2013 Curriculum: to discover facts, to construct concepts and values in real life. The research result shows that 72% of students study with PMRI approach is categorized good, according to indicator of understanding of mathematics concepts. The indicators are: the ability to express the concept , 57%; the ability to clarify the object according to certain properties, 71.5%; the ability to provide examples and counter examples, 84.5%; the ability to present concepts in a variety of forms of mathematical representations, 49.5%; the ability to develop the necessary and sufficient condition of a concept, 68%; the ability to use, exploit and choose specific procedures, 85%; and the ability to classify the concept / algorithm for solving a problem 88.5%.

Keywords: conceptual understanding, angle measurement, PMRI 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djaali, dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Gravemeijer, K.P.E. 2007. Tujuan Pendidikan Matematika. Buletin PMRI, edisi keempat April 2007, hal 3.
Herawati, Oktiana Dwi Putra. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA N 9 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4, no (1).
Hudojo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang. Keiser, J. M. 2004. Struggles with developing the concept of angle: Comparing sixth-grade students’ discourse to the history of the angle concept. Mathematical Thinking and Learning, 6(3), 285-306.
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud. 2013. Pedoman Pemberian Bantuan Implementasi Kurikulum Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud. OECD. 2009. PISA 2009 Assessment Framework - Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD. Rahayu, D. S. 2013. Matematika Pokok Bahasa Pengukuran Sudut di Kelas V Mis Al- Karomah Sido Bangun Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat Tahun 2012/2013. UPT: Perpustakaan UNIMED.
Sari, P. 2011. Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Taruna Indonesia Palembang. Skripsi Universitas PGRI Palembang: Tidak dipublikasikan.
Sari, P. 2015. Desain Pembelajaran Materi Pengukuran Sudut dengan Menggunakan Konteks Tata Surya di Kelas VI. Tesis Pascasarjana Universitas Sriwijaya: Tidak dipublikasikan.
Sari, Rala Novita. 2013. Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan PMRI untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
Sari, Reny Shinta. 2010. Penerapa Pendekatan PMRI dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 19 Palembang. Skripsi: FKIP Universitas Sriwijaya. Tantriadi, Y. 2013. Pembuatan Ensiklopedia Interaktif Tata Surya Untuk Anak SMP. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Volume 2 Nomor 1, 1-7.
Yahaya, Azizi. 2010. Kepentingan Kepahaman Konsep dalam Matematik. Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia.
Zulkardi dan Putri, R. I. 2006. Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding in Konferensi Nasional Matematika ke 13 (pp. 1-7). Semarang: Indonesia.
Zulkardi dan Ratu Ilma. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). JIPPBalitbang.

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60