Pelatihan Pembuatan Mobile Learning Berbasis APP Inventory bagi Guru-Guru PPKn SMP di Kota Palembang

  • Edwin Nurdiansyah Universitas Sriwijaya
  • Sri Artati Waluyati Universitas Sriwijaya
  • Puspa Dianti Universitas Sriwijaya
Keywords: App Inventory, Mobile Learning, PPKn

Abstract

Pelatihan dengan metode ceramah yang divariasikan dengan diskusi dan tanya jawab, penugasan dan demonstrasi ini bertujuan untuk membekali para guru PPKn dengan keterampilan dalam membuat media pembelajaran yang dapat dengan mudah digunakan oleh siswa baik dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Pembuatan mobile learning ini menggunakan aplikasi APP Inventor. Subjek pelatihan adalah para guru PPKn SMP di Palembang. Untuk mengukur pemahaman guru digunakan instrumen pre dan post test, kemudian untuk mengukur kemampuan membuat mobile learning berbasis APP Inventor, selanjutnya diberikan tugas untuk membuat media pembelajaran tersebut. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan pembuatan mobile learning berbasis APP Inventory memberikan pengaruh positif pada guru dengan peningkatan sebesar 11,9 dari pre dan post test dan N-Gain diperoleh 0,3 dengan kategori cukup.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmawan, D. (2016). Pengembangan e-learning teori dan desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

El-Hussein, Osman, M., Cronje, C., & Johannes, M. (2010). Defining mobile learning in the higher education landscape, 13(3). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/220374785

Hamdi, G & Krisnawati. (2011). Membangun aplikasi berbasis android “pembelajaran psikotes” menggunakan app inventor. Jurnal Dasi, 12(4). Retrieved from http:// http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/78

Istiyanto. (2013). Pengertian dan manfaat pembelajaran (online). Retrieved from http//istiyanto.com/pengertian-dan-manfaat-pembelajran/

Mulyana, E. (2012). App inventor: Ciptakan sendiri aplikasi androidmu. Bandung: C. V Andi Offset.

Prawiladilaga, D. (2007). Prinsip desain pembelajaran intructional design principles. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Prawiradilaga, Salma, D., dkk. (2013). Mozaik teknologi pendidikan e-learning. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Published
2020-11-30