Capaian Aspek Hakikat Sains Guru Biologi SMA dan Penerapannya Dalam LKS

Authors

  • Azza Nuzullah Putri, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Biologi FKIP UMRAH
  • Sri Anggraeni Departemen Pendidikan Biologi, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Saefuddin Saefuddin Pendidikan Biologi, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v1i1.34

Keywords:

Hakikat Sains, LKS, Guru Biologi SMA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan hakikat sains dan penerapannya dalam LKS yang telah dikembangkan guru Biologi SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Partisipan dari penelitian ini adalah guru-guru Biologi dari SMA berbeda di Bandung yang mengikuti program pendampingan pengembangan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri yang diadakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia. Data dikumpulkan melalui tes hakikat sains, lembar angket, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil tes hakikat sains, aspek kaidah-kaidah fakta ilmiah dan postulat sains mendapatkan hasil capaian yang sama (80%). Capaian yang terendah yaitu pada aspek tatanama ilmiah (45%). LKS yang dikembangkan oleh guru telah mengandung aspek-aspek hakikat sains, meskipun belum seluruh aspek dapat teridentifikasi di dalamnya.

Published

2016-11-29