Author Guideline

Naskah yang akan terbit dalam jurnal ilmiah kependidikan (KIPRAH) harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan di media elektronik dan/ atau media cetak lain.
  2. Naskah berupa hasil penelitian, gagasan konseptual, atau kajian dan aplikasi ilmu
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang berpedoman pada bahasa standar, termasuk ejaannya.
  4. Naskah ditulis pada kertas A4 dengan huruf Times New Roman 12, spasi 1. Pias atas dan bawah kertas 3 cm, sedangkan pias kiri dan kanan kertas 3,17 cm.
  5. Panjang tulisan sekitar 10-20 halaman dengan ketentuan bahwa jumlah tabel, grafik, bagan, dan sejenisnya tidak lebih dari 25% dari keseluruhan halaman.
  6. Sistematika penulisan naskah, yaitu judul naskah, nama penulis (tanpa gelar akademik), nama instansi, abstrak dan kata kunci, pendahuluan (tanpa sub-bab), penutup (simpulan dan saran), dan daftar pustaka.
  7. Judul harus singkat, jelas, dan mencerminkan pokok masalah. Judul ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal.
  8. Subjudul dicetak tebal dan diberi nomor yang dapat menggambarkan alur pembahasan. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata tugas yang tidak berada pada posisi awal subjudul.
  9. Abstrak tertulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak memuat masalah, teori dan metode, hasil pembahasan, dan simpulan. Panjang abstrak sekitar 150-200 kata dan berjarak satu (1) spasi.
  10. Pendahuluan memuat paparan mengenai alasan pemilihan topik, butir permasalahan, serta tujuan dan manfaat.
  11. Teori dan metode berisi paparan tentang teori yang digunakan, cara menerapkan, dan penentuan sumber data.
  12. Kualitas pustaka acuan ditentukan oleh perbandingan antara kadar sumber primer dan kemutakhiran bahan yang diacu dengan melihat proporsi terbitan 10 tahun terakhir.
  13. Kualitas pustaka acuan disesuaikan dengan isi tulisan. Semua sumber yang diacu dalam teks harus disebutkan secara lengkap dalam daftar pustaka.
  14. Penulisan sumber acuan mencantumkan nomor halaman. Contohnya sebagai berikut.
  15. Teeuw (1988:25) menyatakan bahwa ...
  16. Dinyatakan oleh Djajaninggrat (Fang, 2011:434( bahwa Hikayat Raja-raja Pasai tokoh Malikul Saleh yang batu nisannya .....
  17. ... terdiri atas lima tipe (Wijana, 1989:96).
  18. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dan kronologis tanpa nomor urut dengan tata cara: nama pengarang, tahun terbit, judul kepustakaan, kota tempat terbit, dan nama penerbit, seperti contoh berikut.
  19. Kridalaksana, Harimurti.1984. Kamus Linguistik Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia.
  20. 2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategis, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
  21. Kepustakaan dalam bentuk antologi, bunga rampai, atau kepustakaan terjemahan selain nama penerjemah/ editor, dan nama penerbit, seperti contoh berikut.
  22. Gibbons, J. 2005. “Forensic Linguistic: An Introduction to Language in the Justice System”. Dalam Eggins, Suzzane., et al. (Eds.). 2004. An Introduction to Systemic Fanctional Linguistics 2nd Edition. Hlm 67-103. New York: Continium International Publishing Group.
  23. Halliday, M.A.K.1994. “An Introduction To Functional Grammar”. Dalam Amrin Saragih (Eds.). 2002. Bahasa dalam Konteks Sosial. Hlm. 35 - 53. Medan: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan.
  24. Saussure, de Ferdinant. 1973. Cours de Linguistique General. Diterjemahkan ke dalam Pengantar Linguistik Umum oleh Rahayu S. Hidayat. 1996. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  25. Taha, Zainuddin. 1998. “Pembinaan Bahasa Indonesia Melalui Media Cetak”. Dalam Alwi, Hasan., et al. (Eds.). 1998. Bahasa Indonesia Menjelang Tahun 2000. Hlm. 471 – 489. Jakarta: Depdikbud.
  26. Internet (artikel dalam jurnal dalam jaringan/ online): Iskandar, Eddy. 2009. “Biarkan Perang Bubat Berlanjut”. http/ /serbasejarah.wordpress.com/2009/11/02/biarkan-perang-bubat-berlanjut. Diunduh pada tanggal 24 November 2014.
  27. Redaksi berhak menyunting setiap naskah yang akan diterbitkan dengan tidak mengubah isi atau pokok pikirannya.
  28. Redaksi berhak menolak dan mengubah format tulisan untuk alasan keseragaman naskah dan artistik jurnal.
  29. Redaksi memberi kesempatan kepada semua pihak terutama peneliti, dosen, guru, dan tenaga profesional untuk mengirim naskah.
  30. Naskah dikirim rangkap dua disertai fail tulisan menggunakan program Microsoft Word (Windows) dalam cakram padat ke Redaksi jurnal KIPRAH- FKIP UMRAH. Politeknik Senggarang / email , naskahnya dimuat akan memperoleh 1 eksemplar jurnal sebagai bukti pemuatan. Informasi mengenai dimuat atau tidaknya naskah akan diinformasikan secara tertutup melalui surat atau pos-el. Naskah yang tidak terbit tidak akan dikembalikan.
  31. Biodata singkat penulis ditulis dalam lembar tersendiri.

Informasi lebih lanjut akan dapat menghubungi telepon/ faksimile