MODUL BAHASA INGGRIS UNTUK BIOLOGI BERORIENTASI LITERASI SAINS UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI: KAJIAN DARI ASPEK VALIDITAS

  • nur eka kusuma hindrasti umrah
  • Trisna Amelia UMRAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari pengembangan modul Bahasa Inggris untuk Biologi berbasis literasi sains. Modul tersebut dikembangkan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Validitas aspek bahasa dilakukan oleh ahli bahasa, validitas aspek materi dilakukan oleh ahli yaitu dosen yang mengajar mata kuliah Bahasa Inggris untuk Biologi, dan validias aspek tampilan modul dilakukan oleh ahli pembelajaran Biologi. Data validitas diperoleh menggunakan instrumen angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul Bahasa Inggris untuk Biologi berbasis literasi sains yang dikembangkan berada pada kategori valid pada aspek bahasa, materi, dan tampilan modul.

Published
2018-10-22