EFEKTIVITAS COMPUTER BASED TESTING SEBAGAI SARANA TES HASIL BELAJAR

  • Fitri Maiziani
Keywords: Computer-Based Testing, Tes Hasil Belajar

Abstract

Belajar   merupakan   sebuah   proses   yang   terpenting   didalam   sebuah pendidikan. Terjadinya proses belajar ditandakan dengan adanya perubahan- perubahan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada diri peserta didik. Secara umum proses belajar memiliki tujuan sebagai wadah untuk mencerdaskan generasi  bangsa.  Secara  khusus,  belajaar  memiliki  tujuan  untuk  memberikan bekal berupa pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan pengembangan sikap kepada peserta didik.Untuk melihat ketercapaian dari tujuan belajar, maka perlu untuk diukur keberhasilan dari belajar. Hasil belajar merupakan sebuah patokan untuk mengetahui apakah proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan sebelum nya telah tercapai atau  belum.  Hasil belajar  juga dapat bermanfaat  sebagai  bahan pertimbangan untuk pelaksanaan proses belajar selanjutanya. Melalui hasil belajar, juga dapat dilakukan proses evaluasi pelaksanaan belajar dan pembelajaran yang telah berlangsung.  Pentingnya  diketahui terhadap  keberhasilan  proses belajar siswa, secara  berkesinambungan   guru  perlu  melakukan  penilaian  dan  pengukuran terhadap  hasil  belajar  siswa.  Tes  merupakan  salah  satu  instrument  dalam melakukan evauasi keberhasilan belajar.Namun pada pelaksanaannya terkadang terjadi  beberapa  masalah.  Jika  masalah-masalah  yang  terjadi  tidak  dibenahi, maka makna serta fungsi pengukuran dan penilaian akan bergeser.  Menyikapi permasalahan  tersebut,  maka  dibutuhkan  sebuah  solusi  dalam  proses pelaksanaan tes. Salah satu solusi yang dapat diberikan dalam mengatasi permasalahan tes hasil belajar yaitu pemanfaatan Computer Based Testing dalam pelaksanaan tes hasil belajar. Melalui jurnal ilmiah ini akan dipaparkan pemanfaatan  Computer-Based  Testing (CBT)  sebagai  sarana  tes hasil belajar. Tujuan dari penulisan jurnal ilmiah ini untuk melihat  kefektivan pemanfaatan Computer-Based Testing (CBT) sebagai sarana tes hasil belajar.

Published
2016-05-29
Section
Articles