Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN JOURNAL OF MARITIME LAW

Naskah-naskah yang dikirim ke redaksi Journal of Maritime Law akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:

  1. Bersifat ilmiah, berupa kajian maupun penelitian atas masalah-masalah yang berkembang dalam masyarakat, gagasan-gagasan yang dikirim merupakan hasil orisinil, ringkasan hasil penelitian/survey, resensi buku atau bentuk tulisan lainnya yang dipandang bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa asing yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia/bahasa asing yang baik dan benar.
  3. Ditulis dengan ketentuan dua spasi pada kertas folio atau kwarto, dengan panjang naskah berkisar antara 20 -25 halaman. Untuk kasus-kasus tertentu, penyimpangan untuk naskah yang panjang masih dimungkinkan.
  4. Naskah memuat:
  5. Judul, Nama penulis, abstrak dan kata kunci. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris;
  6. Pendahuluan terdiri dari : Latar Belakang, Permasalahan, Tujuan, Metode Penelitian;
  7. Kerangka Teori;
  8. Pembahasan (topik dan sub-sub topik pembahasan);
  9. Penutup (kesimpulan dan saran);
  10. Daftar kepustakaan (berisi sumber yang dirujuk dalam uraian saja) dari sumber-sumber yang mutahir, diutamakan bersumber dari jurnal.
  11. Setiap kutipan harus menyertakan sumbernya yang ditulis pada akhir kutipan (-in note) dengan urutan nama akhir penulis, tahun terbit : halaman. Contoh : Suryo,1999: 15. Akan tetapi, untuk kasus-kasus tertentu sumber kutipan dapat ditulis dengan catatan kaki dengan urutan : nama penulis lengkap tanpa gelar Akademik (tidak dibalik), Judul buku (cetak miring), Nama Penerbit, Kota Tempat Terbit, Tahun, Halaman. Contoh; A. Syafii Ma’arif, Islam dalam Masalah Kenegaraan, LP3ES, Jakarta, 1985, hlm.
  12. Setiap naskah harus disertai daftar pustaka atau refrensi, terutama yang digunakan sebagai acuan langsung. Daftar pustaka tersebut ditulis dengan urutan: Nama Penulis lengkap, Judul buku (ditulis miring), Penerbit, Kota Tempat Terbit, Tahun Terbit, Contoh : Anhar Gonggong, Amandemen Konstitusi, Otonomi Daerah dan Federalisme, Solusi Untuk Masa Depan, Media Pressindo, Yogyakarta, 2001.
  13. Naskah yang telah diterima oleh redaksi menjadi hak redaksi untuk melakukan penyutingan dan/ atau perbaikan dengan tidak merubah isisnya.
  14. Naskah yang dikirim ke Redaksi berbentuk hardcopy dan softcopy.
  15. Naskah yang dimuat akan diberikan 2 eksemplar hasil cetak kepada penulis.
  16. Jurnal diterbitkan dua (2) kali setahun yaitu bulan Mei dan bulan Oktober. Untuk terbitan bulan Mei naskah sudah sampai ke redaksi awal bulan Maret dan untuk terbitan bulan Oktober pada akhir bulan Agustus.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.