Memfasilitasi Penalaran Geometri Transformasi Siswa Melalui Eksplorasi Motif Melayu dengan Bantuan Grid

Authors

  • Febrian Febrian Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Sukma Adi Perdana Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.250

Keywords:

komposisi transformasi, penalaran, motif melayu, grid, PMRI

Abstract

Geometri transformasi merupakan pengetahuan yang krusial dalam geometri yang dapat membangun banyak kemampuan lainnya seperti penalaran matematis. Oleh karena itu, geometri transformasi disarankan untuk diberikan pada pebelajar mulai dari usia dini. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa anak-anak memiliki ‘sense’ untuk melihat karakteristik kedinamisan pada benda, oleh karena itu memfasilitasi pembelajaran yang dapat memanfaatkan sense ini menjadi sangat penting untuk membangun pemahaman geometri transformasi. Penelitian design research ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar untuk dapat mengembangkan pengetahuan awal mereka mengenai komposisi transformasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah PMRI dengan konteks motif melayu itik pulang petang dengan bantuan grid. Hasil menunjukkan bahwa setting pembelajaran dapat memfasilitasi penalaran geometri transformasi melalui kegiatan eksplorasi motif dengan bantuan grid.

Kata Kunci: komposisi transformasi, penalaran, motif melayu, grid, PMRI

Transformation geometry is a crucial knowledge in geometry that can emerge many skills especially mathematical reasoning. Therefore, transformation geometry is suggested to be taught to children especially the young learners. Existing research implies that children have particular sense to see dynamic characteristic of an object or others. On the behalf of this statement, facilitating students in learning process that makes use of this students’ sense becomes important to undertake to help develop students’ reasoning of transformation geometry. The subtopic being highlighted is the composition of transformation. This design research aims to facilitate this situation. The subject of the research is fourth graders of the State Elementary School of 001 at Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. The learning approach used was PMRI by using the context of malay motif itik pulang petang with the help of grid. Result indicates that this learning setting could facilitate the reasoning of transformation geometry by doing exploration on motif by the help of grid.

Keywords: transformation composition, reasoning, malay motif, grid, PMRI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, I. U. et al., (2014). Kemajuan Belajar Siswa pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Cakrawala Pendidikan, No.3
BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Gravemeijer, K. (2010). Realistic Mathematics Education Theory as a Guideline for Problem-Centered, Interactive Mathematics Education. In K. H. Robert Sembiring (Ed), A Decade of PMRI in Indonesia (pp. 41 – 50). Bandung, Utrecht: TenBrink, Meppel.
Hardiyanti, U. D. (2015) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Website pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri Kelas XI SMK Negeri 26 Jakarta. Universitas Negeri Jakarta.
Hollerbrands, K. (2003). High school students’ understandings of geometric transformation in the context of technological environment. Journal of Mathematics Behavior, 22, 55 - 72
Mashingaidze, S. (2012). “The Teaching of Geometric (Isometric) Transformations at Secondary School Level: What Approach to Use and Why?”. Asian Social Science, Vol. 8, No 15
NCTM. (2000). “Principle and standards for school Mathematics”: Electronic Examples.
Panorkou et al,. (2015). Developing Elementary Students’ Reasoning of Geometric Transformations through Dynamic Animation. Montclair State University, Montclair, USA, North Carolina State University, Raleigh, USA
Sembiring, R. K., Hoogland, K, & Dolk, M. (2010). A Decade of PMRI in Indonesia. Bandung, Utrecht: Ten Brink, Meppel.

Downloads

Published

2017-10-04

How to Cite

Febrian, F., & Perdana, S. A. (2017). Memfasilitasi Penalaran Geometri Transformasi Siswa Melalui Eksplorasi Motif Melayu dengan Bantuan Grid. Jurnal Gantang, 2(2), 157–163. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.250

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>