Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika

  • Indah Lestari Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dan ekspositori. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yaitu Aptitude Treatment Interaction dan ekspositori, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan komunikasi Matematika. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji beda 2 rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction mempengaruhi kemampuan komunikasi matematika.

Kata kunci: Aptitude Treatment Interaction; komunikasi; matematika

This research aims to know the differences of mathematical communication ability of learners who acquire Aptitude Treatment Interaction and exspository learning model. This research was conducted on student of Mathematics Education Study Programme at University of Indraprasta PGRI. The research method used was experiment with sample number of as many as 50 respondents. Independent variables in this study were models of learning, namely Aptitude Treatment Interaction and expository, while dependent variable is the ability of mathematical communication. Data processing techniques used was comparing the mean of two population. The results showed that the application of Aptitude Treatment Interaction learning model affects the ability of mathematical communication.

Keywords: Aptitude Treatment Interaction; communication; mathematics

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elida, N. (2012). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity, 1(2), 178–185.

Erniati, Wahyono, U., & Nurjannah. (2014). Perbandingan hasil belajar fisika antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan model pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(1), 8–13.

Firdaus, S., & Chyntia, E. (2016). Peningkatan kemampuan matematis siswa kelas VII-1 MTs Terpadu Al Maimun Kota Bekasi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 37–44).

Hermawan, A., Eni, E., & Erllina. (2014). Pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar siswa materi struktur atom. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–11.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 9–17.

Nofrianto, A., Maryuni, N., & Amri, M. A. (2017). Komunikasi matematis siswa: pengaruh pendekatan matematika realistik. Jurnal Gantang, II(2), 113–123.

Nuraini, O., Ainy, C., & Suprapti, E. (2006). Penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan kubus dan balok kelas VIII SMP mardi putera Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(3), 86–104.

Saregar, A., Diani, R., & Kholid, R. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) : dampak terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 28–35.

Syawal; Patahuddin; Alimuddin. (2017). The implementation of Aptitude Treatment Interaction (ATI) to improve learning motivation of low achievement students. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 2(2), 224–236. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24903/sj.v2i2.122
Published
2018-09-30
How to Cite
Lestari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Gantang, 3(2), 153-160. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.478
Section
Articles